Keunikan Papua, Makanan Enak dan Unik Yang Hanya Ada Di Papua

Oleh : nadhifahdifa | 2022-03-24 22:06:15

Papua merupakan sebuah provinsi yang berada di ujung Timur Indonesia. Papua berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Provinsi yang satu ini dikenal dengan budaya dan kekayaan alamnya yang sangat luar biasa.
.
Tidak hanya itu, salah satu pulau besar di Indonesia ini juga menawarkan kuliner yang unik dan lezat. Makanan khas dari Papua yang sangat terkenal yaitu Papeda, papeda merupakan makanan pokok pengganti nasi yang harus Kamu coba.
.
Selain Papeda, ada banyak lagi makanan khas dari Papua yang bisa menjadi rekomendasi untuk dicobain seperti:
.
1. Sagu Bungkus Ulat Sagu (Sagu Apatar)
.
Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Papua, ulat sagu yang berada di dalam pohon bisa juga diolah dan dimasak bersama dengan sagu. Ulat sagu membutuhkan waktu atau proses pembakaran diatas arang selama 15 sampai 25 menit.
.
Sagu bungkus ulat sagu bisa dimakan ketika hangat bersama dengan papeda. Selain ulat sagu, isi dari makanan ini bisa juga digantikan dengan pisang mengkal (setengah matang) atau kelapa parut. Ulat sagu ini sangat baik dikonsumsi karena mengandung protein.
.
2. Udang Selingkuh
Udang selingkuh merupakan makanan khas dari Papua, udang yang dipakai yaitu jenis udang air tawar. Kenapa disebut udang selingkuh? Karena udang tersebut memiliki capit seperti kepiting.
.
Warga lokal disana menyebut bahwa udangnya berselingkuh dengan kepiting, maka dari itu disebut udang selingkuh. Cara mengolah udang selingkuh juga sangat beragam, bisa menjadi asam manis, saus mentega, saus padang, atau saus tiram. Pada umumnya, tekstur dari udang selingkuh sangat lebut dan manis karena masih fresh.
.
3. Kue Bagea
.
Kue bagea bisa dijadikan sebahai oleh-oleh ketika Kamu berkunjung ke Papua. Kue ini merupakan abon gulung yang terdiri dari berbagai isian. Isiannya sangat bervariasi seperti ayam, cokelat, stawbery, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari bentuknya, kue bagea seperti kue gulung pada umumnya namun memiliki bahan yang berbeda.
.
4. Colo-colo
.
Colo-colo merupakan sambal khas dari Papua, sambal ini memiliki rasa pedas dan asam. Rasa asam dihasilkan dari perasan jeruk nipis. Sambal colo-colo sangat cocok dimakan dengan ikan bakar dan nasi yang hangat.
.
Bahan dari sambal colo-colo yaitu potongan cabai, bawang, tomat, dan perasan jeruk nipis. Selain menjadi makanan khas dari Papua, sambal ini juga menjadi makanan umum di darah Ambon Maluku.
.
5. Aunu Senebre
.
Makanan ini terdiri terbuat dari bahan nasi dan ikan teri yang digoreng, selain itu dicampur dengan bahan lainnya seperti daun talas dan kelapa yang kemudian dikukus.
.
Makanan ini sangat mudah ditemukan di daerah Papua. Biasanya makanan ini memiliki rasa gurih, lezat, dan memiliki tekstur yang kering. Aunu Senebre sangat cocok dimakan dengan papeda.
.
Itu dia beberapa makanan khas dari Papua yang bisa Kamu Cobain jika berkunjung ke Papua. Masih banyak lagi makanan khas Papua yang bisa menjadi rekomendasi untuk Kamu, semoga menyukainya.